RASULAN DI KAMPUNG PITU

Rdk. Sudadi 16 April 2017 16:00:57 WIB

Kampung Pitu (16/04), sebuah kampung yang terletak di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul, ini merupakan sebuah kampung yang terletak di puncak gunung, tepatnya di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran. Sebuah kampung yang cukup unik, karena hanya di huni oleh 7(tujuh/Pitu) Kepala Keluarga, tidak boleh kurang atau lebih.
Kampung yang cukup unik ini masih mempertahankan adat istiadat yang di turunkan oleh nenek moyang mereka.
Yaitu acara Rasulan, atau bersih dusun. Sebuah acara syukuran atas berhasilnya panen yang mereka tanam. Acara ini biasanya di laksanakan di bulan jawa, yaitu bulan ruwah. Untuk hari kalau tidak d hari Senin Legi, di hari Minggu Legi. Kebetulan untuk saat ini rasulan jatuh pada tgl 16/04/2017 harinya Minggu Legi.
Rasulan kali ini agak berbeda, karena biasanya di laksanakan di rumah salah satu warga, tapi karena saat ini sudah memiliki pendopo sendiri, maka acara kendurian di laksanakan di pendopo itu. Dari ke-tujuh Kepala Keluarga itu masing-masing membuat semacam tumpeng lengkap dengan lauk pauk, ada juga ingkung ayam kampung, kemudian di taruh di tengah pendopo dan di doakan secara bersama pula. Kemudian nasi yang lengkap dengan lauk pauk ini di bagikan kepada warga dan juga tamu yang ikut dalam acara ini.
"Semoga dengan rasulan ini, panen kedepannya akan lebih bagus, bermanfaat, dan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, serta bisa membuat kehidupan warganya hidup rukun, bahagia dan di jauhkan dari mara bahaya," begitu kutipan sambutan yang di sampaikan oleh Bapak Agus selaku Dukuh, Dusun Nglanggeran Wetan. (Sdd)

Komentar atas RASULAN DI KAMPUNG PITU

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Kunjungan Destinasi Wisata

Gunung Api Purba

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL(Tahun Ini)
Update : 24 Mei 2018 18:22:48 WIB

Embung

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL(Tahun Ini)
Update : 24 Mei 2018 18:22:44 WIB

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Lokasi Nglanggeran

tampilkan dalam peta lebih besar