Sejarah Desa

Master Desa 30 April 2014 17:20:39 WIB

SEJARAH DESA NGLANGGERAN

 

  • Abad ke-17. Indonesia masih dijajah oleh bangsa Belanda

Menelisik sejarah dari berbagai sumber, keberadaan Desa Nglanggeran bermula pada masa keturunan Ronggowarsito. Sekitar abad ke-17. Indonesia masih dijajah oleh bangsa Belanda. Di setiap daerah banyak terjadi perang untuk membebaskan diri dari tekanan penjajah Belanda. Politik Belanda untuk memecah belah persatuan dan kesatuan sampai masuk di Kerajaan Mataram. Berbagai upaya dilakukan sehingga terjadi suatu deplomasi yang tertuang dalam perjanjian Gianti

  • Manguntirto anak dari Ronggowarsito melakukan perlawan dengan Belanda

Perjanjian Gianti Kerajaan Mataram terbagi menjadi 2, yaitu Kasunan Surakarta dan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Pada waktu itu anak dari Ronggowarsito yang bernama Manguntirto sudah cukup besar dan melakukan perlawan dengan Belanda. Saudara Manguntirto yang bernama Sojoyo menjadi Bupati Gantiwarna Klaten

  • Manguntirto membuat strategi dalam melawan Belanda

Srategi yang dilakukan Manguntirto dalam melawan Belanda yaitu mengunakan topeng/cadar sehingga tidak dikenali oleh Belanda dan tiap kali membunuh beberapa tentara Belanda dia lari ke calah2/goa bebatuan yang besar yang jauh dari lokasi membunuh. Persembunyian Manguntirto tidak pernah ditemukan oleh Belanda. Sampai pada kondisi tertentu Manguntirto merasa sudah cukup dalam bersembunyi dan tempat persembunyian ini dibuka menjadi suatu tempat yang dapat di jadikan perkampungan yang diberinama “Pelanggeran”.

  • Keberadaannya diketahui oleh pihak Keraton Ngayogjokarto

Karena lokasi yang dijadikan perkampungan banyak orang yang datang dan menetap. Semakin banyaknya yang menetap, keberadaan ini diketahui oleh pihak Keraton Ngayogjokarto, sehingga Manguntirto diangkat menjadi seorang Bekel.

  • Masa pemerintahan Putra Manguntirto yang bernama Sutodipo dalam memimpin Desa

Berjalannya waktu Manguntirto tertarik pada seorang gadis dan dijadikan seorang istri. Dari pernikahannya dikaruniai 1 anak laki-laki yang bernama Sutodipo dan 2 anak perempuan (nama belum diketahui). Tidak tahu kenapa istri Manguntirto menetap di daerah Nglegi bersama 2 orang anak perempuannya. Manguntirto bersama anak laki-laki berada di Planggeran. Saat dewasa Sutodipo memiliki kelebihan dan menjadi Kepala Desa Planggeran yang sangat disegani. Pada masa pemerintahannya nama Desa Pelanggeran dirubah menjadi Desa Nglanggeran. jadi untuk desa nglanggeran awal masa kepemimpinannya dimulai dari Sutodipu putra dari pendiri Desa pelanggeran yaitu Manguntirto.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, kepemimpinan Desa Nglanggeran sudah beberapa kali pergantian Pimpinan, yaitu:

No Kepala Desa Tahun Jabatan
1 SUTODIPO   -
2 RANUREJO   -
3 HARJO SENTONO   -
4 HARJO SUWITO   -
5 HARTONO 19xx - 2004
6 SENEN 2004 - 2014
7 SURIMIN, Spd 2014 - 2015
8 SENEN 2015 - Sekarang

 

Data didapatkan Tim Penggali sejarah Desa Nglanggeran.

Sumber : (Tim Penggali Data/Sejarah) Berdasarkan beberapa Tokoh Masyarakat, Pemerintah Desa)

Masih tahap pengkajian dan pemvalitan data. (Adm)

Kunjungan Destinasi Wisata

Gunung Api Purba

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL(Tahun Ini)
Update : 18 November 2018 14:32:08 WIB

Embung

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL(Tahun Ini)
Update : 18 November 2018 14:32:08 WIB

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Lokasi Nglanggeran

tampilkan dalam peta lebih besar