Merah Putih Raksasa di puncak Tebing Bucu, Gunung api purba

Nur Iksan 23 Agustus 2018 16:55:34 WIB

 

Nglanggeran,- Tebing Gunung Api Purba menjadi sorotan seluruh masyarakat, tidak hanya Nglanggeran, tapi juga Indonesia. Dengan bangga, warga Nglanggeran mempersembahkan kepada Indonesia sebuah perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Ratusan orang datang memadati kawasan Embung di desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul untuk menyaksikan pengibaran Sang Raksasa Merah Putih di Puncak Bucu, Gunung Api Purba.

 

Pengibaran bendera ini dilaksanakan oleh 73 orang. Uniknya jumlah tersebut sesuai dengan usia Indonesia yang memasuki 73 tahun.

Pengibaran bendera Raksasa Merah Putih bendera sepanjang 42x28m ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 40 menit

 

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh warga setempat, tapi juga dihadiri oleh pelajar se-Kecamatan Patuk, Otoritas Daerah Gunung Kidul dan Provinsi DIY, Otoritas Borobudur, Pemuda Pancasila, Mahasiswa KKN dan Wartawan lokal maupun nasional yang ikut meliput jalannya pengibaran Bendera Raksasa Merah Putih. Selain pengibaran Bendera Merah Putih, acara juga diramikan dengan adanya Jatilan, Reog, Gebuk Lesung, dan Tari-tarian tradisional daerah.

 

 

Persiapan yang dilakukan untuk pengibaran bendera raksasa memakan waktu yang cukup panjang. Untuk proses pembuatan Bendera Merah Putih memakan waktu selama 2 minggu, dan menghabiskan total 26 rol kain merah putih. Selama proses pengibaran Bendera, dilakukan dengan sangat detail, dengan tujuan agar menjaga ketahanan bendera serta menjaga kondisi bendera agar tidak mudah robek saat dikibarkan. Menurut pernyataan Bupati Gunung Kidul “ Perayaan ulang tahun Indonesia melalui pengibaran bendera raksasa tidak hanya dijadikan sebagai media perayaan, namun juga dimaknai sebagai peningkatan kualitas ekowisata, peningkatan sistem pelayanan, pendapatan daerah dan pelestarian budaya Gunung Kidul”. Masyarakat harus sadar dengan pemanfaatan potensi wisata besar di Gunung Kidul, termasuk untuk membangun Desa Wisata yang memiliki kualitas yang tinggi.

Dokumen Lampiran : Merah Putih Raksa di puncak Tebing Bucu, Gunung api purba


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Kunjungan Destinasi Wisata

Gunung Api Purba

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL(Tahun Ini)
Update : 19 September 2018 14:22:14 WIB

Embung

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL(Tahun Ini)
Update : 19 September 2018 14:22:13 WIB

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Lokasi Nglanggeran

tampilkan dalam peta lebih besar