Budaya

Master Desa 22 November 2016 22:47:49 WIB

 

Nglanggeran Berbudaya

 

Kebanyakan suatu daerah memiliki sebuah motto maupun tema yang diangkat. Motto atau tema tersebut biasanya memberikan gambaran sekilas tentang suatu daerahnya. Hal itu juga terjadi di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Desa Nglanggeran memiliki motto “Nglanggeran Berbudaya”. Kata berbudaya selain menampilkan secara eksplisit kegiatan kebudayaan yang masih di jaga di Desa Nglanggeran juga memuat arti khusus. Budaya dapat diartikan luas di Desa Nglanggeran diantaranya dari kehidupan budaya gotong-royongnya, budaya ramah tamah, masih menjunjung tinggi nilai budaya adat didalam masyarakat antara lain Kenduri, Wiwitan, Ngguwangi, Tingalan, Tingkepan, Kalau ada warga yang meninggal masih ada (Pitung dinan, Patang puluhan, Satusan, Pendak Pisan, Pendak Pindo dan Nyewu ) dan masih banyak adat peninggalannenek moyang yang masih terpelihara, sedangkan untuk budaya yakni kesenian lokal seperti Jathilan, Reog, uyon-uyon/karawitan ( anak SD dan Dewasa), Gejok Lesung, Tari-tari, wayangan dan kethoprak.

Masyarakat memiliki semangat dan komitmen yang tinggi dalam melestarikan budayanya namun terkadang mengalami kendala dalam hal penunjangnya. Seperti halnya ingin melestarikan budaya lokal kethoprak dan uyon-uyon untuk diteruskan oleh generasi muda.Niat dan tekad bulat membuat tak berhenti untuk kreativitas para pemudanya yaitu dengan menggabungkan teknologi dan budaya lokal maka terdapat teater kethoprak dengan music dari music computer.Nglanggeran Berbudaya juga memiliki arti dari masing-masih huruf penyusunnya yaitu

B : Bersih, E :Elok, R : Rukun, B: Budaya, U: Ungul, D: Damai, A: Aman, Y: Yakin, A: Asri.

Itulah huruf-huruf penyususn kata Budaya dalam Motto desa Nglanggeran Berbudaya. Semua itu masih terjaga kelestariannya dan akan tetap diuri-uri di desa Nglanggeran.

Kunjungan Destinasi Wisata

Gunung Api Purba

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL(Tahun Ini)
Update : 18 November 2018 15:42:08 WIB

Embung

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL(Tahun Ini)
Update : 18 November 2018 15:42:08 WIB

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Lokasi Nglanggeran

tampilkan dalam peta lebih besar